Jumat, 09 Desember 2011

PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI


Awalnya pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan besarnya memori yang digunakan sebagai penyimpanan data pada komputer.  Komputer yang memiliki memori berupa RAM (random access memory) atau ROM (read only memory) sebesar 512kb-1mb disebut komputer mini saat ini pengelompokan tersebut sudah tidak tepat lagi karena komputer berukuran kecil, seperti PDA (personal digital assistand)sudah banyak yang memiliki ram yang lebih besar dari 1mb (1mb =1.024 kb).  Oleh karena itu, pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan kemampuan pengolahan data.  Komputer juga dapat digolongkan berdasarkan fisik, sistem operasi dan jenis data yang diperoleh. 
Berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya, komputer dikelompokan menjadi beberapa bagian, mainframe, minicomputer dan microcomputer. 
A.   Mainframe: jenis komputer yang digunakan yang digunakan pada perusahaan-perusahaan bersekala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sngat besar .
B.    Mini komputer: jenis komputer ini digunakan pada perusahaan bersekala menengah sebagai server. Tetapi saat ini mini komputer makin jarang digunakan karena fungsinya diganti oleh PC yang lebih canggih.
C.    Personal komputer atau komputer mini adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai komputer ini. Komputer ini terdiri atas monitor, keyboard, mouse, CPU. Komputer jenis ini paling banyak digunakan, baik itu dirumah, dikantor, lembaga kursus dan sekolah.
D.   Komputer portable: komputer adalah komputer uang berukuran kecil dari pada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering berpergian, pengembangan terbaru memungkinkan komputer yang seukuran telapak tangan, misalnya desknote, notebook, subnotebook dan palmtop.

Berdasarkan Jenis data yang diolah komputer dapat digolongkan menjadi tiga bagian, yaitu analog, digital hybrid:
A.   Komputer analog digunakan untuk mengelola data kualitatif berdasarkan imput dari keadaan lingkungan yang nyata bekerja secara continue dan pararel. Contoh, komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur kelembapan dan suhu.
B.    Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu huruf, angka, kombinasi huruf dan angka . serta karakter-karakter khusus berdasarkan imput dari pulsa elektronik. Salah satunya adalah PC (personal komputer).
C.    Kompter hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan dengan digital, contohnya faksimili.

Pengelompokan teknologi  informasi :
1.    Teknologi komunikasi          
a. Telepon
b. Radio
c. Wireless
d. Televisi
2.    Teknologi masukan               
a. Keyboard
b. Mouse
c. Barcade
d.Touch screen
3.    Teknologi keluarkan             
a.printer
 b. Monitor
4.    Teknologi software                               
a.office
b. Delphi
c. Visual basic
d. Bahasa C
5.    Teknologi penyimpanan
a.       Internal : RAM , ROM
b.      External: disket, flash disk ,CD & DVD, Hard disk
6.    Teknologi mesin pemproses
a.       Micro prosesor
b.      Prosesor
Klasifikasi sistem teknologi informasi menurut fungsinya
a.       EMBEDDED IT SYSTEM
b.      DEDICATED IT SYSTEM
c.       GENERAL PURPOSE IT SYSTEM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar